Banjarmasin, 10 November 2022. SMK YPT Banjarmasin menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 dengan khidmat. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan SMK YPT Banjarmasin di halaman sekolah Kamis pagi (10/11).

Setiap peringatan Hari Pahlawan, kita akan selalu diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Kota Surabaya juga dikenal dengan kota pahlawan.

Upacara dilaksanakan dengan berjalan khidmat. Dalam sambutannya, Kepala SMK YPT Banjarmasin Drs. Robin Hood, MT selaku pembina upacara menyampaikan kepada seluruh peserta upacara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

“Yang kita nikmati hari ini adalah berkat kegigihan para pejuang. Sudah sepatutnya kita, terlebih kalian para pemuda generasi penerus bangsa harus menghargai perjuangan para pahlawan”, tegasnya.

Implementasi nilai perjuangan pahlawan bagi seorang siswa adalah dengan bertanggung jawab menjaga kebersihan dan fasilitas sekolah. Selain itu juga sikap tanggap terhadap hal sekecil apapun yang terjadi di sekitarnya “Kalian adalah pahlawan bagi SMK YPT Banjarmasin, pahlawan kebersihan, pahlawan prestasi akademik, dan pahlawan prestasi non akademik. Dengan demikian kalian wajib menjaga fasilitas sekolah yang kita miliki”, tuturnya.

Beliau mengatakan, peringatan hari Pahlawan mengingatkan kembali momentum perjuangan para Pahlawan bangsa. Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dilandasi semangat kepahlawanan.